12 Kiat Pemasaran Digital Penting Dan Sederhana yang Mungkin Tidak Diketahui Pesaing Anda!

Banner Image

12 Kiat Pemasaran Digital Penting Dan Sederhana yang Mungkin Tidak Diketahui Pesaing Anda!

Kiat Pemasaran Digital yang Mungkin Tidak Diketahui Pesaing Anda!

Kami telah berhasil bergerak lebih cepat dari pemasaran tradisional ke layar digital, di mana tindakan dapat diambil dengan mengklik beberapa tombol!

Di blog ini kita akan membahas 12 tip pemasaran digital berikut yang akan membantu Anda menciptakan ceruk pasar Anda dan berdiri tegak dari kekacauan:

  • Fokus pada ROI
  • Manfaatkan media sosial
  • Lacak kinerja bisnis Anda
  • Buat keputusan berdasarkan data
  • Belanjakan uang Anda dengan bijak
  • Riset, riset, riset!
  • Pahami perjalanan pembeli
  • Selalu perbarui strategi Anda
  • Audit rencana pemasaran Anda
  • Tetap berpegang pada audiens target Anda
  • Manfaatkan otomatisasi pemasaran
  • Selalu miliki kustomisasi seluler

Jika Anda ingin terjun ke pemasaran digital, Anda harus siap menghadapi persaingan yang ketat. Tidak peduli apa skala operasional Anda dan industri apa yang Anda masuki, akan selalu ada banyak pesaing yang berjuang untuk mencapai tujuan yang sama, yang tidak lebih dari satu klik saja dari pelanggan Anda!

Ini sering kali membuat situasi menjadi rumit. Pemasaran digital dan periklanan digital melibatkan berada di depan pesaing Anda setiap saat agar pelanggan potensial Anda menemukan Anda. Penting untuk memiliki kombinasi faktor yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda untuk mencapai tujuan pemasaran.

Blog ini bertujuan membantu Anda unggul dalam industri Anda dengan beberapa tip pemasaran online utama. Berikut adalah 12 tips pemasaran digital penting namun sederhana yang harus segera Anda perhatikan (sebelum pesaing Anda melakukannya!)

1. Fokus Pada ROI

ROI pemasaran digitallah yang memberi tahu Anda tentang mendapatkan uang Anda.

ROI pemasaran digital umumnya diukur pada daya tarik online yang Anda terima dan peringkat yang Anda peroleh di mesin pencari. Agen pemasaran digital mana pun yang andal akan memberi Anda perkiraan hasil yang akan mereka capai dalam hal peringkat online, yang dapat Anda bandingkan dengan investasi yang Anda buat setelah proyek Anda selesai.

Sebagian besar pemasar digital gagal fokus pada pengembalian yang mereka peroleh dari investasi mereka. Mereka membuat kesalahan umum hanya dengan melihat hasil dan melanjutkan ke proyek berikutnya. Seiring dengan melihat hasilnya, penting untuk membandingkannya dengan uang yang Anda masukkan ke dalam proyek terkait.

Jika Anda tidak fokus pada ROI, pada dasarnya Anda memotret dalam kegelapan! Artinya, Anda tidak memiliki gambaran menyeluruh tentang bagaimana uang Anda dibelanjakan, tanpa memiliki kepastian tentang masa depan.

Berikut adalah beberapa cara andal untuk meningkatkan ROI pemasaran digital Anda:

  • Pastikan Anda mengidentifikasi tujuan yang ingin Anda capai dan jelaskan dengan jelas di awal.
  • Tetap berpegang pada indikator kinerja utama (KPI) yang selaras dengan tujuan pemasaran digital Anda.
  • Selalu perhatikan peluang yang menghampiri Anda dan raihlah tanpa penundaan yang tidak perlu.
  • Jangan pernah terpaku pada elemen pemasaran digital tertentu. Coba berbagai perpesanan dan teknik penargetan selama proyek Anda berlangsung.

2. Manfaatkan Media Sosial

Mungkin kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan dalam periklanan digital adalah meninggalkan media sosial dari strategi pemasaran digital Anda!

Kita hidup di saat dunia ada di media sosial dan penting bagi bisnis untuk memiliki kehadiran media sosial untuk mendapatkan daya tarik online. Jika Anda belum melakukannya, buat akun media sosial untuk bisnis Anda dan terus buat postingan rutin untuk mendorong keterlibatan di platform terkait.

Potensi media sosial juga dapat dimanfaatkan melalui hubungan masyarakat. PR melalui platform media sosial terikat untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Ini membantu Anda menyampaikan pesan, memberi tahu audiens tentang etika inti Anda, dan memanfaatkan nilai merek Anda.

Media sosial akan tetap ada. Pastikan Anda memanfaatkan hal yang sama secara optimal dalam strategi pemasaran digital Anda sebelum terlambat!

3. Lacak Kinerja Bisnis Anda

Selalu pastikan Anda melacak perjalanan bisnis Anda dan kinerjanya selama periode waktu tertentu. Ini membantu Anda mengatur proses pemasaran digital dan mengukur hasilnya.

Perjalanan kinerja bisnis Anda dapat diukur dalam empat langkah sederhana:

  • Menetapkan Tujuan 

Tentukan dengan jelas tujuan yang ingin Anda capai sejak awal. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, menghasilkan prospek, meningkatkan layanan pelanggan, memperoleh pangsa pasar yang lebih baik, atau meningkatkan margin keuntungan Anda, tujuan Anda bertindak sebagai cetak biru untuk aktivitas Anda.

  • Mengembangkan KPI

Setelah Anda menetapkan tujuan, mulailah mengembangkan KPI yang sesuai yang akan membantu Anda mendapatkan wawasan berharga tentang kinerja Anda. Pastikan KPI yang Anda pilih memberikan hasil yang Anda inginkan dan dapat diukur.

  • Mendefinisikan Metrik Bisnis

Ini adalah ukuran yang membantu Anda melacak proses bisnis tertentu. Metrik inilah yang mengukur kinerja Anda dan membantu Anda menilai hasilnya.

  • Mengumpulkan Dan Melacak Informasi

Setelah Anda memiliki KPI dan metrik bisnis, terus kumpulkan dan lacak data relevan yang berkaitan dengan aktivitas Anda secara berkala. Ini membantu Anda menjaga tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dan memastikan bahwa tujuan tersebut dicapai melalui aktivitas Anda.

4. Buat Keputusan Berdasarkan Data

Ketika berbicara tentang pemasaran digital, Anda tidak dapat mengandalkan naluri dan aturan praktis untuk membuat keputusan penting. Sangat disarankan untuk menggunakan data bisnis sebelum setiap langkah yang Anda ambil.

Keputusan berdasarkan data yang diambil dengan bantuan alat pemasaran yang sesuai selalu menghasilkan hasil yang lebih memuaskan dan ROI yang lebih baik. Tidak peduli seberapa kreatif ide Anda dan seberapa efektif strategi pemasaran digital Anda, selalu andalkan data bisnis Anda sebelum membuat keputusan yang penting.

5. Habiskan Uang Anda dengan Bijak

Anda akan sering menghadapi situasi di mana Anda harus memilih dari berbagai opsi-baik itu memilih platform digital terbaik, strategi komunikasi terbaik, alat pemasaran terbaik, atau strategi pemasaran terbaik.

Dalam skenario seperti itu, selalu pastikan bahwa Anda membelanjakan uang Anda dengan cara yang paling bijaksana. Jangan pernah menggunakan lebih dari sumber daya yang dibutuhkan untuk sebuah proyek, tidak peduli seberapa menguntungkan tampilannya. Rencanakan anggaran Anda sedemikian rupa sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal dari investasi minimum.

6. Riset, Riset, Riset!

Selalu lakukan penelitian ekstensif sebelum Anda memulai dengan kampanye pemasaran digital. Penting untuk selalu mengetahui denyut nadi pelanggan Anda dan pasar yang Anda layani.

Riset menyeluruh akan memberi Anda status pesaing Anda, kebutuhan audiens target Anda, teknologi yang lazim, dan tren yang populer di pasar. Data ini memberi Anda permulaan yang sangat dibutuhkan untuk kampanye pemasaran Anda!

7. Pahami Perjalanan Pembeli

Melacak perjalanan bisnis Anda tidak pernah cukup. Penting untuk memahami perjalanan yang diambil pelanggan Anda, mulai dari tahap menyadari bisnis Anda hingga tahap melakukan pembelian.

Setiap tahapan yang dilalui pembeli mengharuskan Anda melakukan tindakan spesifik untuk memperkuat perilaku pembelian mereka dan mengarahkan mereka untuk melakukan pembelian. Gunakan analitik pembeli untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang perjalanan yang diambil pelanggan Anda.

Analisis ini memberi Anda tindakan pengunjung situs saat mereka menavigasi situs web Anda, waktu yang mereka habiskan di setiap halaman, dan halaman yang mungkin menyebabkan mereka pergi.

8. Selalu Perbarui Strategi Anda

Selalu pastikan bahwa strategi pemasaran digital yang Anda gunakan untuk kampanye Anda diperbarui dan selaras dengan tren pemasaran dan teknologi saat ini.

Ingatlah selalu bahwa strategi Anda adalah titik awal yang kritis untuk aktivitas pemasaran Anda, dan strategi yang ketinggalan zaman akan membuat Anda keluar dari liga dalam waktu singkat!

9. Audit Rencana Pemasaran Anda

Mengaudit rencana pemasaran Anda akan memberi Anda analisis yang terorganisir dan menyeluruh tentang lingkungan pemasaran bisnis Anda. Ini akan menyoroti area kekuatan Anda dan area di mana Anda perlu meningkatkan.

Sebaiknya strategi dan rencana pemasaran digital Anda diaudit sebelum mengambil langkah penting untuk memiliki persepsi yang lebih jelas tentang aktivitas Anda.

10. Tetap Pada Audiens Target Anda

Tidak peduli seberapa estetika situs web Anda, seberapa efektif produk / layanan Anda, dan seberapa mengesankan infrastruktur Anda, semua upaya Anda akan sia-sia jika Anda tidak menarik bagi audiens target Anda.

Hindari godaan untuk menyenangkan semua orang! Miliki target audiens tertentu dalam pikiran dan lakukan semua proses pemasaran dengan mengingat mereka untuk mendapatkan hasil terbaik.

11. Memanfaatkan Otomasi Pemasaran

Karena diversifikasi bisnis dan kemajuan teknologi, kebutuhan otomasi pemasaran semakin meningkat dari waktu ke waktu. Saat proses pemasaran Anda menjadi otomatis, pekerjaan Anda diselesaikan dengan lebih efisien dalam waktu yang lebih singkat.

Ada beberapa platform otomasi pemasaran yang tersedia di pasar. Selalu lakukan penelitian menyeluruh dan pilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

12. Selalu Miliki Kustomisasi Seluler

Semakin banyak pelanggan beralih ke ponsel untuk mengonsumsi hampir setiap layanan dan melakukan semua operasi digital. Penting untuk memasukkan kustomisasi seluler di semua rencana pemasaran digital Anda, terutama jika Anda berfungsi di sektor e-commerce.

Ruang lingkup pemasaran digital tidak mengenal batas. Setiap hari, kemajuan baru dibuat dan teknik lama menjadi usang. Jika Anda mempertimbangkan tip pemasaran digital ini dan menerapkannya dalam kampanye Anda, Anda pasti akan mencapai hasil yang diinginkan.

Ingatlah selalu bahwa pemasaran digital seperti lari maraton – apakah Anda pelari lambat atau pelari cepat, Anda berada di dalamnya untuk jangka panjang!

Ravinder Bharti

Blog Admin:
Ravinder Bharti
CEO & Founder - Public Media Solution

About: Ravinder Bharti is the Founder and CEO of Public Media Solution,
a leading marketing, PR, and branding company based in India.

whatsapp_logo