Alasan Penting Mengapa Deteksi Penipuan Diperlukan

Alasan Penting Mengapa Deteksi Penipuan Diperlukan

Alasan Penting Mengapa Deteksi Penipuan Diperlukan

Penipuan telah dilakukan di beberapa industri selama beberapa dekade. Di mana pun ada uang dan/atau data pribadi yang bersangkutan, akan selalu ada risiko penipuan yang dilakukan. Lembaga keuangan dan bisnis peminjaman uang telah menghadapi beban scammers dan penipuan sejak industri ini muncul.

Namun, sifat dan pendekatan terhadap penipuan telah berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Saat ini, scammer dapat melakukan aktivitas penipuan dan mencuri data/dana Anda yang tersimpan di seluruh penjuru dunia. Karena digitalisasi memudahkan organisasi untuk menjalankan proses bisnis mereka, hal itu juga meningkatkan ancaman penipuan yang dilakukan di ruang digital.

Sama seperti mereka telah membantu bisnis memanfaatkan proses mereka, kemajuan teknologi telah menyediakan sumber daya baru dan modern untuk scammers di seluruh dunia untuk melakukan kegiatan penipuan. Pada tahun 2021, seorang scammer dapat meretas sistem Anda, memalsukan identitas mereka, dan mencuri dana Anda dalam hitungan menit. Karena sebagian besar proses ini bersifat digital dan tidak bersifat pribadi, hal ini mempersulit organisasi untuk melacak para penjahat.

Namun, ini bukan akhir dunia! Aktivitas penipuan modern memerlukan teknik deteksi penipuan modern untuk mengatasi masalah tersebut. Pentingnya pencegahan dan deteksi penipuan telah meningkat dari waktu ke waktu dan terus meningkat.

Apa itu Deteksi Penipuan?

Deteksi penipuan adalah proses penggunaan teknologi canggih AI, OCR, dan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi potensi ancaman, mengurangi krisis, dan mencegahnya terjadi lagi. Layanan deteksi penipuan yang andal akan membantu Anda menyiapkan sistem yang mampu mengidentifikasi penyimpangan terkecil dalam transaksi Anda dan mengirimkan pembaruan waktu nyata untuk menangani hal yang sama.

Cara kerja teknologi pembelajaran mesin sangat mirip dengan otak manusia. Ketika sistem diberi makan dengan data yang cukup dan diizinkan untuk memindai yang sama dari waktu ke waktu, ia mulai mengenali pola dan memahami tren spesifik dalam data. Hal ini membuat sistem menganalisis transaksi Anda dan segera mengidentifikasi ketidakberesan saat dan ketika terjadi.

Ini membantu Anda melacak semua transaksi yang dilakukan oleh organisasi Anda dan menangani deteksi aktivitas penipuan secara real-time. Bisnis yang menikmati pinjaman keuangan dan e-commerce merasakan kebutuhan maksimal untuk memanfaatkan layanan deteksi penipuan dan menerapkan perangkat lunak pendeteksi penipuan dalam organisasi.

Mengapa Deteksi Penipuan Penting?

Menangani Pencurian Identitas

Karena hampir setiap transaksi menjadi digital, risiko pencurian identitas sekarang lebih dari sebelumnya. Terutama dalam kasus bisnis pinjaman keuangan, scammers cenderung mengambil identitas yang berbeda untuk menyedot dana dan melewati keamanan.

Dalam kasus seperti itu, perangkat lunak pendeteksi penipuan memberi tahu Anda tentang potensi ancaman ketika detail yang diberikan oleh scammer terkait tidak sinkron dengan detail yang disimpan dalam basis data Anda. Tidak peduli seberapa kecil penyimpangannya, sistem akan segera menangkapnya dan memperingatkan Anda tentang hal yang sama, mencegah terjadinya penipuan.

Verifikasi Identitas

Memverifikasi identitas individu atau bisnis memainkan peran penting dalam pinjaman keuangan. Setiap pemberi pinjaman memiliki daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh peminjam agar memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman atau uang muka. Jika peminjam tidak memenuhi persyaratan yang disebutkan, mereka cenderung memberikan informasi palsu dan dokumen palsu agar permohonan mereka disetujui.
Sementara pemberi pinjaman uang tradisional mungkin tidak dapat mengidentifikasi kesenjangan dalam informasi yang diberikan, platform perangkat lunak pendeteksi penipuan akan segera menangkap pelakunya. Ketika pemberi pinjaman memindai dokumen peminjam dan menjalankan pemeriksaan sistem yang sama, perangkat lunak akan melakukan analisis kesenjangan dan memperingatkan pemberi pinjaman tentang potensi ancaman.

Tugas beresiko

Tidak peduli seberapa waspada pendekatan Anda dan seberapa tepat transaksi Anda, akan selalu ada sejumlah risiko yang terkait dengan setiap transaksi yang Anda lakukan. Layanan deteksi penipuan tingkat lanjut dapat digunakan untuk menghitung risiko yang terlibat dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh organisasi Anda.

Penilaian risiko membantu Anda dalam menghitung semua kemungkinan hasil dari aktivitas tertentu dan memastikan seberapa bermanfaat hasilnya. Sebagai pemberi pinjaman keuangan, selalu disarankan untuk terlibat dengan peminjam di mana risiko minimum terlibat. Perangkat lunak pendeteksi penipuan akan memberi tahu Anda tentang seberapa berisiko suatu transaksi, membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk melanjutkan atau menahan diri dari melakukan proses yang bersangkutan.

Mengurangi Ketergantungan Manusia

Salah satu alasan utama pentingnya pencegahan dan deteksi penipuan adalah fakta bahwa hal itu mengurangi campur tangan manusia dalam mendeteksi potensi ancaman dalam suatu transaksi. Penggunaan teknologi seperti AI dan pembelajaran mesin memastikan bahwa karyawan Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga mereka untuk menemukan penyimpangan menggunakan teknik tradisional dan manual.

Hal ini memungkinkan karyawan Anda untuk kurang fokus pada deteksi penipuan manual dan lebih fokus pada proses bisnis inti lainnya. Namun, penting untuk dicatat bahwa perangkat lunak pendeteksi penipuan tidak sepenuhnya menggantikan karyawan Anda. Anda masih membutuhkan tim Anda untuk mengawasi ancaman yang terdeteksi dan memberikan perintah yang diperlukan untuk menangani hal yang sama.

Mencegah Penipuan Sebelum Terlambat

Deteksi penipuan memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan segera terhadap semua potensi ancaman sebelum terlambat. Sistem akan memberi tahu Anda tentang penyimpangan dan penyimpangan secara real-time, memungkinkan Anda untuk mulai mengambil tindakan pencegahan sebelum scammer berhasil mencuri data atau uang berharga Anda. Selain itu, Anda dapat memicu respons spesifik segera setelah ancaman terdeteksi untuk mengurangi krisis di sana dan kemudian.

Akhir kata

Melihat meningkatnya digitalisasi proses bisnis, kebutuhan akan deteksi penipuan otomatis hanya akan meningkat dari waktu ke waktu. Disarankan bagi organisasi untuk beralih ke perangkat lunak pendeteksi penipuan untuk menjaga keamanan transaksi mereka dan menangani aktivitas penipuan sebelum terlambat untuk melakukannya

Ravinder Bharti

Blog Admin:
Ravinder Bharti
CEO & Founder - Public Media Solution

About: Ravinder Bharti is the Founder and CEO of Public Media Solution,
a leading marketing, PR, and branding company based in India.

Category

Recent Post