Karir di Pemasaran Digital – Panduan Utama 2021 Inggris

Karir di Pemasaran Digital – Panduan Utama 2021 Inggris

Karir di Pemasaran Digital – Panduan Utama 2021 Inggris

Karir di digital marketing akan menjadi salah satu karir paling menjanjikan di tahun 2021. Saat ini kita telah memasuki era digital, dan platform digital telah menjadi tempat yang ideal untuk beriklan. Namun, cara tradisional untuk mengiklankan produk tidak akan hilang dalam waktu dekat, tetapi sekarang para korporat lebih memilih platform digital. Jika Anda menemukan pemasaran digital, jenis pekerjaan Anda setelah mendapatkan panduan karier, 2021 memiliki kemungkinan yang tak terbatas untuk Anda. Bagan pertumbuhan karier pemasaran digital memiliki kurva pendek untuk tahun-tahun awal, tetapi saat Anda memperoleh pengalaman, pertumbuhan karier itu mencium langit.

Baik Anda bekerja dengan agensi pemasaran digital atau freelancing, peluangnya akan tinggi untuk Anda di tahun 2021. Seorang pemasar digital dengan pengetahuan yang memadai akan mendapatkan nama, ketenaran, dan uang dari pemasaran digital. Korporasi lebih suka mempekerjakan seseorang dengan pengetahuan, pengalaman, dan kepercayaan diri untuk berlayar di kapal iklan digital.

Korporasi memberikan 85% iklan dengan cara konvensional, dan sisanya 15% ke platform digital. Orang-orang semakin kecanduan platform digital. Persentase ini akan segera meningkat, dan peluang untuk memiliki karir yang menjanjikan dalam pemasaran digital.

Meskipun karier di pemasaran digital menawarkan penghasilan yang memuaskan, bukan berarti kariernya kurang menantang. Mari kita gali beberapa informasi lebih lanjut tentang opsi karir pemasaran digital dan cari tahu bagaimana Anda dapat menyesuaikan diri dalam industri yang berkembang ini.

Apa itu pemasaran digital?

Mempromosikan produk atau layanan apa pun melalui internet pada platform digital disebut ‘Pemasaran Digital’. Pemasaran digital menggunakan email, situs sosial, OTT, dan artikel untuk menjangkau audiens yang ditargetkan. Pemasaran digital memudahkan untuk menjangkau pelanggan yang ditargetkan dan berinteraksi dengan mereka. Ketika Anda mendiskusikan produk dan manfaatnya secara langsung dengan pelanggan, minat mereka meningkat, sehingga metode pemasaran baru ini cukup menjanjikan untuk promosi.

Internet telah menjadi alat yang ampuh bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Mereka membutuhkan profesional di berbagai bidang untuk menjangkau pelanggan mereka. Untuk ini, mereka membutuhkan teknologi dan spesialis. Lebih lanjut, dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai peran dan posisi yang tersedia di bidang pemasaran digital.

Siapa Pemasar Digital?

Seseorang yang mempromosikan layanan atau produk apa pun di platform digital apa pun adalah pemasar digital. Seorang YouTuber, seorang influencer, seorang analis SEO, dan seorang penulis konten semuanya termasuk dalam kategori pemasar digital.

Karir di Pemasaran Digital

Setiap bisnis memiliki tujuannya sendiri, tetapi semua bisnis ingin berkembang, dan pemasaran membantu. Pemasaran digital membantu layanan dan produk untuk menjangkau basis pelanggan yang ditargetkan yang tersedia di platform digital. Karier di bidang pemasaran digital memiliki banyak peluang dengan fleksibilitas jam kerja.

Karier di bidang pemasaran digital memiliki cakupan yang luas. Untuk menjadi bagian dari industri pemasaran yang berkembang ini, Anda tidak perlu mahir dalam pemasaran tradisional. Di bidang ini, Anda dapat bekerja di salah satu departemen berikut;

  • Produksi (Video dan Audio)
  • Influencer Media Sosial
  • Email Pemasaran
  • Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)
  • Manajemen konten
  • Copywriting dan editing
  • Pemasaran Mesin Telusur (SEM)
  • Desain web dan grafis
  • Analytics, dan banyak lagi…

Kebutuhan Pemasaran Digital

Promosi adalah satu-satunya cara untuk memberi tahu orang-orang tentang keberadaan dan keberadaan produk atau layanan. Teknik promosi juga dikenal sebagai pemasaran. Periklanan adalah salah satu cara pemasaran yang paling populer dan efektif.

Dulu ketika T.V. tidak begitu populer, pemasaran dulu dilakukan dengan memasang iklan di koran. Setelah ini, iklan di radio dan TV menjadi cara terbaik untuk memasarkan produk.

Sebagian besar penduduk telah beralih ke platform digital, sehingga mereka merasa perlu untuk pemasaran digital. Dari sinilah pemasaran digital dimulai. Pemasaran yang tepat terjadi sesuai dengan volume orang dan minat mereka.

Sebelumnya, ada jingle untuk dipasarkan melalui radio. Kemudian aktris papan atas biasa muncul di iklan layar kecil. Sejak itu, iklan komersial TV adalah cara pemasaran paling populer, tetapi pemasaran digital baru mendapatkan semua pujian dan preferensi.

India memiliki sejumlah besar orang yang hadir di situs sosial dan platform digital lainnya, jadi sangat ideal bagi perusahaan untuk menunjukkan produk atau layanannya. Di sini masyarakat dididik agar pemasar digital dapat langsung terhubung dengan mereka dan mengembangkan minat pada produk.

Selain itu, penguncian telah mengalihkan lebih banyak orang ke OTT, sehingga cakupan pemasaran digital meningkat. Lebih banyak orang akan menggunakan internet, jadi pemasaran digital di masa mendatang.

Mengapa Memilih Karir Dalam Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah bidang yang sedang berkembang yang menyukai pikiran kreatif. Di sini beberapa pemikir out-of-box selalu diterima. Jika Anda penasaran untuk mengetahui ruang lingkup pemasaran digital, pahamilah bahwa lebih banyak orang akan menggunakan internet di masa mendatang, dan kami sudah mulai menghabiskan lebih sedikit waktu di depan TV.

Apalagi bagi perusahaan, lebih murah untuk mengiklankan produknya di platform digital. Jadi ya, ke depannya, pentingnya digital marketing akan semakin meningkat, dan semakin banyak produk dan layanan yang akan memilih platform ini untuk mengumumkan kehadirannya kepada masyarakat.

Alasan lain yang membuat pemasaran digital lebih berharga adalah hadirnya audiens dari segala usia. Di India, orang mendapatkan layanan internet termurah, sehingga waktu online mereka bagus dan diperkirakan akan meningkat di masa mendatang, sehingga pemasaran digital akan stabil dan berkembang di tahun-tahun mendatang.

Untuk calon, ini adalah industri terbaik untuk bekerja seiring dengan waktu, batasannya akan komprehensif, dan akan membayar lebih kepada profesional yang berkualifikasi.

Keuntungan dan kerugian

Pemasaran digital adalah bidang baru dan menantang untuk dikerjakan. Mereka yang ingin berkarir di bidang berbeda dapat memilih pemasaran digital. Kami telah menyebutkan peran yang diminati dalam pemasaran digital. Tetapi sebelum memilih sektor ini untuk dikerjakan, Anda harus melakukan analisis cepat tentang kelebihan dan kekurangan karier pemasaran digital.

Karena setiap koin memiliki dua wajah, maka setiap pekerjaan memiliki sisi baik dan buruknya. Di sini, lihat kedua sisi pekerjaan dalam pemasaran digital sebelum memutuskan untuk bergabung;

Keuntungan

  • Jika pikiran Anda haus akan karya kreatif dan ingin melakukan sesuatu yang berbeda, pemasaran digital memiliki peluang tanpa akhir.
  • Jika Anda ingin bekerja sebagai freelance dan tidak dapat duduk di kantor selama 8 hingga 9 jam, pemasaran digital adalah tempat kerja terbaik untuk Anda. Di sini Anda dapat memutuskan jam kerja Anda sesuai keyakinan Anda.
  • Jika gaji bulanan Anda tidak menarik lagi dan Anda kehilangan minat pada pesan gaji yang dikreditkan, Anda juga harus melakukannya.
  • Anda suka online sepanjang waktu dan berinteraksi dengan orang yang berbeda, lalu Anda juga dapat bekerja dengan baik dalam pemasaran digital. Di sini Anda akan online dan pandai menangkap permintaan pasar.
  • Ini pekerjaan berisiko sangat rendah.

Kekurangan

  • Anda mungkin atau mungkin tidak mendapatkan uang di bulan-bulan awal pemasaran digital ketika Anda memilih untuk bekerja sebagai freelancer.
  • Pekerjaan tidak memiliki waktu kerja, dan Anda harus tersedia untuk klien 24 × 7. Jadi jika Anda suka disiplin, maka ini bukan jenis pekerjaan Anda.
  • Pemasaran digital adalah jenis sektor kerja yang relatif baru, tetapi persaingan tinggi di sini, dan Anda harus berorientasi pada hasil untuk tetap berada dalam persaingan.
  • Ketergantungan Anda pada teknologi meningkat.

Bagaimana cara menjadi pemasar digital?

Berbagai jenis peran tersedia dalam pemasaran digital. Bidang pemasaran digital menawarkan jumlah yang bagus kepada yang tidak berpengalaman, dan seiring bertambahnya pengalaman, gaji atau penghasilan individu juga meningkat. Untuk menjadi pemasar digital, Anda harus memiliki kualitas berikut;

  1. Keterampilan Bangun : Pertama-tama, Anda harus pandai dalam peran yang akan Anda miliki dalam pemasaran digital. Jika Anda seorang SEO atau desainer grafis, Anda harus memiliki keterampilan yang memadai untuk ditunjukkan kepada atasan Anda. Seperti yang kami sebutkan di atas, persaingan di sektor ini sangat tinggi sehingga Anda tidak bisa menunggu kesempatan lain. Pertama, pelajari keterampilan yang Anda minati, kemudian dekati klien.
  2. Magang : Jika Anda baru mengenal pemasaran digital dan baru saja menyelesaikan kursus terkait dengan bidang tersebut, lakukan magang. Untuk berhasil dalam pemasaran digital, Anda harus memiliki pengetahuan praktis, dan magang menawarkan Anda hal yang sama. Jika Anda memiliki keterampilan, Anda bisa mendapatkan beberapa pelanggan yang tepat selama magang, tetapi lakukan magang dengan serius dan tingkatkan keterampilan Anda selama beberapa bulan pertama.
  3. Kursus : Anda juga dapat mendaftar di kursus relevan yang berbeda di portal untuk mempelajari tentang detail kecil bidang Anda. Sertifikasi bisa gratis atau berbayar, tetapi itu akan meningkatkan nilai platform pemasaran digital Anda.

Kesimpulan

Pemasaran digital adalah platform yang sedang naik daun yang menawarkan pekerjaan yang menguntungkan. Hanya pikiran kreatif yang memahami kepuasan yang mereka dapatkan setelah melahirkan anak otak mereka dan di sini Anda dibayar untuk itu. Jadi, mulailah persiapan Anda untuk menjadi bagian dari pemasaran digital. Peluang karir dalam pemasaran digital sangat besar secara global. Jalur karir pemasaran digital di India akan tinggi pada tahun 2021, jadi ini adalah waktu terbaik untuk memasuki sektor ini. Jika masih khawatir tentang bagaimana memulai karir di pemasaran digital? Tulis surat kepada kami, dan kami akan memandu Anda.

Ravinder Bharti

Blog Admin:
Ravinder Bharti
CEO & Founder - Public Media Solution

About: Ravinder Bharti is the Founder and CEO of Public Media Solution,
a leading marketing, PR, and branding company based in India.

Category

Recent Post