Mengapa Pemasaran Digital Penting Untuk Startup dan Bisnis Kecil?

Mengapa Pemasaran Digital Penting Untuk Startup dan Bisnis Kecil?

Mengapa Pemasaran Digital Penting Untuk Startup dan Bisnis Kecil?

Lewatlah sudah hari-hari ketika pemasaran digital menjadi “terobosan” dan pendatang baru di bidang pemasaran. Kami sekarang telah mencapai tahap di mana itu telah menjadi kebutuhan.

Blog ini didedikasikan khusus untuk calon wirausahawan dan pemilik usaha kecil, membahas pentingnya pemasaran digital untuk pihak-pihak ini dan membawa Anda melalui poin-poin berikut:

  1. Apa itu pemasaran digital?
  2. Pentingnya pemasaran digital
  3. Manfaatkan optimalisasi mesin pencari
  4. Menciptakan nilai merek yang kuat
  5. Peran pengembangan situs web
  6. Keindahan pemasaran konten
  7. Mendapatkan nilai uang Anda

Pasar di setiap sektor industri penuh sesak dan dipenuhi dengan persaingan ketat. Jika Anda berencana untuk meluncurkan sebuah startup, Anda dapat bertahan hanya jika Anda mampu berdiri keluar dari kekacauan dan membuat tanda unik Anda.

Bisnis kecil menghadapi masalah ini juga. Tidak peduli produk dan layanan apa yang Anda sediakan, akan selalu ada banyak bisnis yang sudah menonjol di pasar yang melakukan hal yang sama. Bisnis semacam itu sering menghabiskan seluruh siklus hidup mereka untuk mendapatkan daya tarik yang diinginkan dari pelanggan mereka.

Di sinilah kekuatan pemasaran digital dimulai!

Apa Itu Pemasaran Digital?

Mari kita mulai dari dasar.

Pemasaran digital adalah kombinasi dari proses yang dilakukan pada platform digital dengan tujuan mempromosikan produk dan layanan bisnis.

Salah satu tujuan utama agen pemasaran digital adalah membuat semakin banyak browser (calon pelanggan) mengetahui bisnis yang mereka layani dengan meningkatkan kehadiran online mereka.

Statistik terbaru menunjukkan bahwa 62% dari total populasi dunia menggunakan internet secara aktif. Dibandingkan dengan tahun 2000, terdapat lonjakan pengguna internet sebesar 1.239% dalam 20 tahun terakhir.

Selain itu, statistik pencarian Google menunjukkan bahwa Google memproses lebih dari 40.000 pencarian setiap detik. Menurut tren ini, lebih dari 3,5 miliar pencarian diproses di Google setiap hari!

Dengan kata lain, untuk pemasar digital, ada 3,5 miliar peluang untuk menghasilkan prospek setiap hari. Jika Anda tidak memanfaatkan peluang ini yang hanya berjarak beberapa klik dari pelanggan Anda, pesaing Anda akan naik kereta dan meninggalkan Anda jauh di belakang!

Agen digital terbaik di dunia membantu bisnis dalam memanfaatkan lalu lintas internet ini dan mengalihkannya ke situs web mereka.

Baik Anda memiliki bisnis kecil atau telah meluncurkan startup baru, pemasaran digital secara resmi akan menempatkan Anda di peta halaman hasil mesin pencari (SERP), memungkinkan lebih banyak orang untuk menemukan bisnis Anda dan memanfaatkan layanan Anda.

Pentingnya Pemasaran Digital

Lantas, apa pentingnya digital marketing bagi para startup dan usaha kecil?

Untuk memahami keajaiban pemasaran digital, lihat beberapa statistik menarik:

  • Sedangkan untuk Mei 2020, Google mengarahkan 67% lalu lintas online dari smartphone dan 94% dari total lalu lintas organik di internet.
  • 93% dari semua lalu lintas situs web didorong oleh mesin pencari.
  • 18% dari semua penelusuran lokal yang dilakukan secara online menghasilkan penjualan dalam satu hari.
  • Ponsel diharapkan dapat mendorong penjualan lokal senilai lebih dari $ 1,4 triliun pada tahun 2021.
  • 64% pembeli online mengklaim media sosial telah memengaruhi keputusan pembelian mereka.
  • 60% pemasar digital membuat setidaknya satu blog (atau konten yang relevan) setiap hari.
  • 90% browser tidak yakin tentang keputusan pembelian mereka sebelum melakukan penelusuran.

Statistik ini memperjelas betapa tak terelakkannya pemasaran online agar bisnis dapat bertahan di pasar. Tidak perlu lagi memasang billboard dan mendistribusikan pamflet yang menyebarkan pesan yang sama ke banyak pelanggan.

Pelanggan menjadi semakin selektif dalam pendekatan mereka dan membutuhkan layanan yang dipersonalisasi, disediakan secara efisien melalui pemasaran digital. Jika Anda berhasil menaiki tangga SERP dan mendapatkan visibilitas yang cukup, bisnis baru Anda dapat meledak di internet dalam waktu singkat!

Hal ini membawa kita kepada pemberi pengaruh utama dalam pentingnya pemasaran digital – pengoptimalan mesin telusur.

Memanfaatkan Optimasi Mesin Pencari

Konon tempat terbaik untuk menyembunyikan mayat adalah di halaman kedua hasil pencarian Google!

Browser (termasuk Anda dan kami) terbiasa dengan menganggap halaman pertama hasil pencarian sebagai Injil. Jarang ada yang maju ke halaman kedua, dan halaman-halaman selanjutnya dapat dianggap tidak ada.

Saat Anda meluncurkan startup, sangatlah penting untuk menyebarkan berita tentang bisnis Anda dan mendapatkan pengunjung di situs web Anda. Ini tidak akan pernah terjadi jika situs web Anda terletak di halaman hasil mesin pencari selanjutnya.

Saat Anda mendekati agen pemasaran digital untuk memasarkan bisnis Anda, layanan pengoptimalan mesin telusur (SEO) akan selalu menjadi layanan yang paling umum dan penting untuk diterima.

Pakar SEO melakukan audit di situs web Anda dan memberi Anda perubahan yang harus dilakukan pada situs Anda agar ramah SEO. Perpaduan yang baik antara layanan SEO on-page dan off-page yang disediakan oleh agensi pemasaran digital Anda sangat membantu keberadaan online Anda.

Pengoptimalan pada halaman melibatkan pembuatan perubahan di situs Anda untuk membantunya mendapat peringkat lebih baik di SERP, seperti:

  • Menggunakan kata kunci yang tepat
  • Menggunakan URL yang benar
  • Menggunakan tag Judul dan header yang tepat
  • Menggunakan deskripsi yang sesuai
  • Mengoptimalkan gambar

Di sisi lain, SEO off-page mencakup aktivitas di luar situs web Anda, seperti pembuatan tautan. Agen digital terbaik membantu bisnis mendapatkan backlink berkualitas dari situs web ternama untuk meningkatkan nilai situs mereka.

Untuk pemula, SEO selalu merupakan awal yang ideal untuk bisnis mereka agar diakui oleh pelanggan potensial mereka. Untuk bisnis kecil, SEO membantu mereka melawan persaingan ketat untuk mendapatkan peringkat SERP yang diinginkan dan menciptakan ceruk pasar mereka.

Menciptakan Nilai Merek yang Sempurna

Setiap penjualan yang Anda lakukan dan setiap pelanggan yang Anda peroleh bergantung pada nilai merek Anda. Jika Anda memulai bisnis baru, Anda perlu membangun nilai merek yang selaras dengan pelanggan Anda dan membuat Anda tetap kuat di pasar untuk waktu yang lama.

Untuk bisnis yang lebih kecil, meningkatkan nilai merek mereka akan membantu pelanggan mereka membedakan dari pesaing mereka dan memberikan keunikan pada layanan mereka.

Pentingnya pemasaran digital adalah tentang membantu bisnis memanfaatkan nilai merek mereka secara online. Saat ini, situs web sering kali menjadi titik kontak pertama antara merek dan pelanggan potensial. Jika kesan pertama ini tidak berjalan sesuai rencana, semuanya pasti akan menurun!

Agen pemasaran online Anda membantu Anda membuat situs web yang tidak hanya ramah SEO tetapi juga ramah pembeli. Mendapatkan pengunjung di situs Anda tidak pernah cukup. Penting untuk mempertahankan mereka dan melayani mereka sesuai dengan kebutuhan khusus mereka.

Situs web yang ramah pengguna dengan konten yang menarik akan membangun citra yang menyetujui merek Anda di benak calon pelanggan Anda. Meskipun mereka meninggalkan situs Anda tanpa melakukan pembelian, pengalaman penjelajahan yang baik akan selalu mereka miliki, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan nilai merek Anda.

Peran Pengembangan Situs Web

Pengembangan situs web memainkan peran penting dalam meningkatkan nilai merek Anda. Agen pemasaran digital berisi pengembang situs web yang terampil untuk membuat situs web yang interaktif, unik, dan menarik.

Selain merancang situs web, pengembangan situs web melibatkan pembuatan konten yang unik dan menarik. Agensi digital terbaik memiliki penulis konten yang terampil untuk mengisi situs web dengan konten berkualitas.

Konten yang relevan, menarik, unik, dan orisinal membuat orang ingin menjelajahi situs web, membuat keterlibatan, dan meninggalkan situs dengan citra positif merek di benak mereka.

Keindahan Pemasaran Konten

Selama bertahun-tahun evolusi yang dilalui bidang pemasaran, konten tetap menjadi kunci untuk pengiriman pesan yang sukses.

Terlepas dari media yang Anda pilih, layanan yang Anda berikan, dan industri tempat Anda beroperasi, Anda tidak akan pernah bisa menjual produk / layanan Anda dengan menggunakan konten di bawah standar.

Pemasaran konten melibatkan pembuatan blog, artikel, posting tamu, halaman arahan, dan konten berkualitas lainnya untuk mempromosikan bisnis. Jika Anda mampu meyakinkan pembaca melalui tulisan, Anda bisa membuat mereka terlibat dengan bisnis Anda.

Pemasaran konten adalah alat yang tak terhindarkan untuk pemasaran digital. Anda tidak dapat membuat kehadiran online tanpa menggunakan konten, yang secara alami menjadikannya bagian penting dari kampanye pemasaran digital.

Semua pemula disarankan untuk memanfaatkan pemasaran konten dengan sebaik-baiknya untuk mengkonsolidasikan posisi di internet. Setelah konten Anda mulai membuat orang berbicara, tidak ada kata mundur!

Blog Menarik: –Karier Dalam Pemasaran Digital

Mendapatkan Nilai Uang Anda

Alasan lain mengapa pemasaran digital penting untuk pemula dan bisnis kecil adalah karena pemasaran digital memberi Anda nilai uang.

ROI dalam hal pemasaran digital sebagian besar didasarkan pada jumlah lalu lintas yang Anda (atau agensi pemasaran digital Anda) hasilkan dalam jangka waktu tertentu.

Salah satu dari banyak investasi yang dapat Anda lakukan untuk mendorong interaksi instan melalui media berbayar.

Media berbayar adalah pemasaran digital yang paling dekat dengan pemasaran tradisional. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan ruang strategis di internet dan menghasilkan kesadaran tentang merek Anda dengan membayar yang sama.

Beberapa agensi digital terbaik menyediakan layanan PPC, yang merupakan bagian integral dari media berbayar.

Melalui model bayar-per-klik pada pemasaran online, Anda dapat membayar pemasar Anda setiap kali iklan online Anda diklik oleh browser. Ini memberi Anda data spesifik tentang jumlah pengunjung yang mengunjungi situs web Anda.

Aktivitas ini memudahkan untuk menilai pengembalian yang Anda peroleh atas investasi Anda dalam hal daya tarik online.

Oleh karena itu, penting bagi agensi pemasaran digital untuk menghasilkan strategi pemasaran yang paling unik dan menarik untuk memberikan daya tarik maksimum yang dapat diperoleh merek dengan sejumlah uang tertentu.

Ketika Anda memulai bisnis baru, Anda mungkin kesulitan dengan keuangan Anda sementara menghasilkan sedikit atau tanpa penjualan. Selama waktu seperti itu, melacak ROI Anda dan memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar adalah yang paling penting.

Meringkasnya

Pemasaran digital, dalam bagian yang sama, merupakan aktivitas yang menarik dan menuntut. Dibutuhkan pemasar yang kreatif, analitis, dan bersemangat untuk memecahkan kode dan menjadikannya besar di pasar!

Pentingnya pemasaran digital untuk pemula terletak pada memanfaatkan sumber daya terbatas yang tersedia dengan bisnis. Ini memainkan peran penting dalam mendapatkan lebih banyak eksposur online dan mengubah netizen maksimum menjadi prospek!

Untuk bisnis kecil, pemasaran digital adalah alat untuk diakui di lautan bisnis serupa dan membentuk kesan unik di benak pelanggan mereka. Di satu sisi, ini menempatkan mereka pada platform yang sama dengan perusahaan besar dalam hal mendapatkan daya tarik online.

Jika digunakan dengan benar, pemasaran digital dapat menghasilkan keajaiban bagi bisnis Anda, membuatnya mencapai yang terbaik dan bertahan di sana selama bertahun-tahun yang akan datang!

Ravinder Bharti

Blog Admin:
Ravinder Bharti
CEO & Founder - Public Media Solution

About: Ravinder Bharti is the Founder and CEO of Public Media Solution,
a leading marketing, PR, and branding company based in India.

Category

Recent Post