Nilai Penting Jujur Dalam Komunikasi Internal

Nilai Penting Jujur Dalam Komunikasi Internal

Nilai Penting Jujur Dalam Komunikasi Internal

Nilai Penting Jujur Dalam Komunikasi Internal

Mar 06, 2022 Ravinder Bharti (CEO & Founder)

Komunikasi internal membantu menjadikan tempat kerja Anda lebih efektif, kolaboratif, dan menyenangkan bagi semua orang. Dengan media kerja baru dan etikanya yang berkembang dari hari ke hari, aliran komunikasi internal yang terintegrasi dianggap sebagai masa depan komunikasi di tempat kerja. Apakah Anda seorang pemula atau perusahaan besar, komunikasi internal memainkan peran penting dalam keberhasilan bisnis Anda. Cara mereka menyampaikan pesan kepada karyawan berbanding lurus dengan kualitas pekerjaan yang mereka berikan. Menurut survei yang dilakukan, 44 persen karyawan mengalami kesulitan untuk menyimpulkan agenda di balik pekerjaan yang diberikan kepada mereka dan 72 persen dari mereka tidak sepenuhnya memahami strategi dan visi perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini mengakibatkan kurangnya efisiensi dalam bekerja sehingga diperlukan alur komunikasi yang jujur agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan terintegrasi.

Komunikasi Internal secara singkat

Paul Barton pernah berkata, “Komunikasi Internal bukan tentang memberi tahu karyawan apa yang harus dipikirkan, ini tentang menciptakan dan memungkinkan dialog yang autentik dan berkelanjutan dengan dan di antara mereka.”

Pada catatan itu, mari kita jelaskan apa sebenarnya komunikasi internal itu. Komunikasi internal, bahkan dikenal sebagai IC mengacu pada sekelompok proses yang bertanggung jawab untuk sirkulasi pesan yang efektif dalam struktur organisasi. . Komunikasi internal melibatkan pertukaran dialog antara manajemen puncak, manajemen, dan karyawan. Pesan-pesan ini adalah informasi yang berharga bagi organisasi dan dianggap rahasia. Cara penyampaian informasi ini sering dilakukan melalui email, kop surat, briefing, papan pengumuman, bahkan dengan bantuan media sosial seperti WhatsApp, Skype, Zoom, dan Google Meet di masa sekarang ini.

Komunikasi internal mempengaruhi perusahaan dengan cara yang berbeda seperti –

  • Operasi Harian
  • Kerjasama dengan departemen lain
  • Layanan pelanggan
  • Keterlibatan karyawan
  • Budaya kerja yang tidak beracun
  • Pengalaman Karyawan
  • Kepemimpinan yang ditingkatkan
  • Produktivitas karyawan

Perlunya kejujuran dalam Komunikasi Internal

Komunikasi internal yang jujur ​​adalah cara paling sehat untuk menjaga pertumbuhan organisasi Anda. Sebanyak kepuasan pelanggan penting bagi perusahaan, jumlah kepentingan yang sama harus diberikan pada pengalaman yang sehat untuk setiap karyawan yang bekerja di organisasi. Ini mungkin terdengar sangat mustahil secara teori; namun, dalam praktiknya hal itu bisa dilakukan. Dengan kejujuran di sekitar tempat kerja, ini adalah lingkungan yang lebih aman bagi karyawan untuk menyuarakan pendapat mereka yang dapat membantu dalam modifikasi operasi tertentu yang mungkin sudah ketinggalan zaman. Selain perubahan, tidak membuka diri kepada rekan kerja Anda dapat mengakibatkan rasa frustrasi dan menimbulkan “budaya gosip” di tempat kerja. Ketika informasi tidak disampaikan dengan jelas, tidak hanya kualitas pekerjaan yang terpengaruh tetapi juga menimbulkan pertanyaan tentang nilai waktu yang dihabiskan di perusahaan. Agar perusahaan tumbuh, penting agar aliran komunikasi yang stabil dijaga oleh tim komunikasi dan semua orang pada umumnya. Hal ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Suasana kejujuran juga menumbuhkan tanggung jawab, kepemimpinan, dan akuntabilitas diri. Jika CEO sebuah perusahaan menyuarakan kekurangan timnya dengan cara yang hormat, itu akan memberi ruang bagi setiap karyawan untuk mengambil catatan positif dan membawa perubahan untuk satu tujuan bersama pengembangan perusahaan yang mereka tuju. sedang bekerja untuk. Hal ini membawa banyak perubahan dalam sikap setiap individu karyawan sejak mereka mulai melihat perusahaan tempat mereka bekerja sebagai aset yang sangat mereka hargai.

Berbagi beberapa tips yang dapat membantu seseorang menumbuhkan kejujuran di tempat kerja –

1. Memiliki sikap tidak menghakimi –

Sebagai manusia, pendapat kita berbeda karena di tempat kerja kita berkumpul dari berbagai daerah di seluruh negeri dan bahkan dari luar negeri, jadi penting bagi kita untuk menghormati pendidikan dan proses berpikir setiap orang. Penting bagi kami untuk mengingat nilai 6 bagi Anda akan terlihat 9 bagi seseorang yang menghadap Anda. Selain itu, second opinion merupakan alternatif yang baik dan patut diapresiasi. Dengarkan karyawan Anda atau atasan Anda sebelum tidak setuju dengan pendapat mereka. Meninggalkan penilaian di depan pintu membantu Anda menumbuhkan lingkungan yang aman, bahagia, dan jujur di tempat kerja.

2. Bersihkan pipa –

Ketika kami bekerja bersama, kami mengisi dada kami dengan dendam. Tidak peduli seberapa banyak Anda mencoba untuk menghindarinya, Anda akan bertengkar dengan seseorang atau yang lain di tempat kerja bahkan jika itu hanya masalah kesalahpahaman sepele. Frustrasi yang tidak terselesaikan mengakibatkan konflik kembali di masa depan, oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melampiaskan perasaan Anda karena penting bagi rekan kerja untuk saling menghormati dan mempraktikkan kejujuran sepenuhnya. Ini bekerja demi pengembangan pribadi dan profesionalisme yang damai.

3. Implementasi adalah kuncinya –

Sangat penting bahwa Anda tidak hanya memberi karyawan Anda kebebasan untuk menyuarakan pendapat mereka, tetapi juga bertindak berdasarkan itu. Jika karyawan Anda menyarankan bahwa ada ruang untuk cakrawala tertentu untuk tumbuh di dalam perusahaan, pertimbangkan pendapat mereka dan lakukan perubahan. Kejujuran adalah jalan dua arah, begitu juga komunikasi, oleh karena itu penting bagi Anda untuk membuktikan nilai-nilai integritas Anda. Sebagai seorang pemimpin, penting bagi Anda untuk memberdayakan karyawan Anda sehingga mereka merasa percaya diri dan melayani perusahaan Anda dengan loyalitas.

4. Pegang tanggung jawab –

Tidak peduli posisi apa yang Anda pegang di sebuah perusahaan, penting bagi Anda untuk mendukung pemikiran dan pendapat Anda dengan substansi faktual. Karyawan harus memiliki solusi terencana untuk apa yang mereka anggap tidak sesuai. Mengeluh tentang masalah tanpa solusi tidak ada gunanya bagi siapa pun. Jangan menempatkan tanggung jawab pada orang lain untuk memberikan solusi.

5. Komunikasikan hal positif dan negatifnya –

Di tempat kerja, ada yang salah dan benar, oleh karena itu penting untuk menghargai dan mengkritik ketika situasi seperti itu terjadi dari ujung pimpinan dan karyawan. Yang positif harus dirayakan sedangkan yang negatif harus diambil dengan kritik positif yang dapat membantu perusahaan untuk tumbuh menjadi sesuatu yang lebih baik. Agenda utama persatuan dan pembangunan harus selalu diingat.

Ravinder Bharti

Blog Admin:
Ravinder Bharti
CEO & Founder - Public Media Solution

About: Ravinder Bharti is the Founder and CEO of Public Media Solution,
a leading marketing, PR, and branding company based in India.

Category

Recent Post