Perbedaan Antara PR, Media Berbayar, Dan Iklan

Perbedaan Antara PR, Media Berbayar, Dan Iklan

Perbedaan Antara PR, Media Berbayar, Dan Iklan

Pemasaran adalah aspek yang tak terhindarkan dalam menjalankan bisnis. Anda perlu menjangkau audiens target Anda dan membuat mereka sadar akan produk dan layanan yang Anda sediakan. Ini meningkatkan kesadaran merek Anda dan membantu Anda mencapai lebih banyak kesepakatan.

Namun, pemasaran adalah payung luas dengan berbagai proses yang berada di bawahnya. Ada beberapa lengan pemasaran yang melibatkan berbagai aktivitas untuk promosi merek dan meningkatkan kesadaran merek.

Tiga dari proses pemasaran yang paling umum digunakan adalah hubungan masyarakat (PR), media berbayar, dan periklanan. Adalah umum untuk bingung antara ketiga area ini. Meskipun mereka memasukkan proses yang serupa dan memiliki motif yang serupa, PR, media berbayar, dan iklan memiliki perbedaan halus di antara mereka.

Mari kita mulai dengan memahami arti dari masing-masing proses ini

Apakah Humas Itu?

PR adalah serangkaian proses yang bertujuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dari suatu merek dengan publik. Proses ini dilakukan oleh bisnis untuk mendapatkan citra persetujuannya di depan umum.

Hubungan masyarakat dapat dilakukan untuk beberapa tujuan dan menekankan banyak rumah media dan jurnalis untuk menyebarkan pesan. Proses PR dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan karyawan, meningkatkan brand awareness, meluncurkan produk baru, meningkatkan reputasi bisnis, dan banyak keperluan lainnya.

Apa Itu Media Berbayar?

Seperti namanya, media berbayar mengacu pada platform media tempat Anda dapat membeli ruang untuk menampilkan pesan promosi Anda. Di sini, merek membayar uang ke platform eksternal untuk menyiarkan pesan mereka agar dibaca oleh audiens target mereka.

Menggunakan media berbayar adalah salah satu cara tercepat untuk menyampaikan pesan promosi kepada audiens target Anda.

Apa Itu Periklanan?

Periklanan adalah salah satu cara menggunakan media berbayar untuk mempromosikan bisnis Anda. Ini melibatkan pembelian ruang media di berbagai platform (cetak, televisi, penimbunan, media sosial, dll.) Untuk menampilkan iklan yang mendorong audiens target untuk terlibat dengan bisnis dan membeli produk / layanan yang diiklankan.

Baca Juga: –Tips Penting untuk PR Online

Perbedaan Antara PR, Media Berbayar, dan Periklanan

Berikut adalah perbedaan utama antara ketiga proses berdasarkan parameter tertentu:

Faktor Uang

Untuk media dan iklan berbayar, Anda membayar secara langsung untuk menggunakan satu atau lebih platform media eksternal untuk penyiaran pesan Anda. Dengan kata lain, Anda membeli ruang di platform media.

Di sisi lain, PR tidak membutuhkan Anda untuk membeli ruang di platform media. Di sini, Anda mendekati rumah media, jurnalis, blogger, dan pembuat konten lainnya, meminta mereka untuk mengedarkan pesan yang Anda ingin mereka liput. Anda tidak langsung membayar ruang di satu atau lebih platform media.

Audiens Target Anda

Untuk periklanan dan media berbayar, audiens target sering kali mencakup publik eksternal seperti pelanggan, investor, pemasok, dll. Pesan promosi di sini ditujukan agar entitas ini terlibat dengan bisnis Anda.

Di sisi lain, target audiens PR bisa internal atau eksternal. Meskipun Anda dapat menargetkan semua entitas yang disebutkan di atas melalui kampanye PR, Anda dapat membuat kampanye yang dirancang untuk publik internal, termasuk karyawan, pemegang saham, dll.

Tujuan dan sasaran

Untuk media berbayar, tujuan utamanya adalah meningkatkan jangkauan bisnis Anda dengan membuat pesan Anda menjangkau sebanyak mungkin orang. Tujuan dalam periklanan adalah untuk mendorong penjualan dan membuat lebih banyak orang membeli produk / layanan yang diiklankan.

Namun, tujuan utama PR tidak terbatas pada penutupan transaksi maksimum dan mendorong lebih banyak penjualan. Seringkali dibutuhkan pendekatan yang lebih sehat untuk menyampaikan esensi bisnis atau merek kepada audiens target.

Alih-alih meminta orang untuk terlibat langsung dengan suatu merek, proses PR mengomunikasikan jiwa merek kepada audiens target, meningkatkan citranya di benak mereka.

Kontrol Pesan

Untuk media dan iklan berbayar, Anda memiliki kendali penuh atas pesan yang Anda edarkan. Di sini, Anda dapat mengatur nada tertentu dan penempatan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan yang Anda inginkan. Dengan kata lain, Anda memiliki kendali atas cara pesan Anda disiarkan dan diterima oleh audiens.

Namun, untuk PR, Anda tidak memiliki kendali penuh atas cara pesan Anda ditampilkan dan dianggap oleh publik. Ini karena Anda hanya bertanggung jawab untuk meminta rumah media dan jurnalis untuk meliput bisnis Anda di platform mereka. Anda tidak memiliki kendali atas nada pesan dan cara merek Anda digambarkan oleh mereka.

Kredibilitas Perpesanan

Target audiens media berbayar dan iklan tidak selalu cenderung percaya pada segala sesuatu yang diberitahukan kepada mereka. Hal ini dikarenakan adanya asumsi bahwa suatu pesan dapat disebarkan dengan membayar uang dan membeli ruang media.

Di sisi lain, kredibilitas pesan PR relatif lebih karena dinilai lebih organik dan dapat diandalkan. Ini karena pesan-pesan ini tidak berbayar dan diterbitkan oleh sumber yang dapat dipercaya, membuat publik percaya bahwa pesan-pesan itu telah diterbitkan karena penerbit menemukan keaslian di dalamnya.

Penting bagi setiap pemasar untuk memahami perbedaan antara ketiga proses pemasaran ini sebelum melanjutkan dengan mempromosikan produk atau layanan mereka. Selalu ingat implikasi spesifik yang berkaitan dengan setiap proses ini sebelum mengalokasikan sumber daya Anda dan membuat kampanye Anda.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa biro humas di Inggris Raya?

Harga yang dibebankan oleh agensi PR di Inggris tergantung pada kebutuhan spesifik klien. Tidak ada harga pasti untuk semua orang. Jumlah yang dibebankan tergantung pada periode waktu kampanye PR, platform media yang diliput, media yang dihubungi, komposisi audiens target, dan parameter relevan lainnya.

Apakah menyewa perusahaan PR sepadan?

Jika Anda ingin menyebarkan pesan promosi kepada audiens target Anda dan menyampaikan esensi merek Anda dengan cara terbaik, menyewa perusahaan PR selalu sepadan.

Alih-alih menangani operasi PR sendiri, menyewa perusahaan PR akan memberi Anda layanan yang diperlukan yang disediakan oleh profesional berpengalaman. Mendapatkan bantuan profesional akan membantu Anda mencapai semua tujuan Anda dan menjangkau audiens yang maksimal.

Bagaimana perusahaan PR menghasilkan uang?

Klien membayar perusahaan PR dengan mengikuti model yang berbeda sebagai berikut:

  • Biaya Bulanan – Di sini, bisnis membayar perusahaan dengan biaya yang telah ditentukan sebelumnya secara bulanan untuk layanan yang tersedia.
  • Biaya Kontrak– Di sini, bisnis membayar perusahaan berdasarkan kontrak khusus yang diberikan dan pekerjaan dilakukan sesuai dengan itu.
  • Basis Cakupan– Di sini, bisnis membayar perusahaan berdasarkan jumlah cakupan yang diterima dan jangkauan pesan pada platform media yang berbeda.

Bagaimana cara menemukan agensi PR yang baik?

Di era digitalisasi, agensi PR yang baik hanya dengan sekali klik. Bergantung pada lokasi Anda, audiens yang ingin Anda targetkan, dan tujuan yang ingin Anda capai, Anda dapat mencari agensi PR terbaik di lokasi Anda.

Itu selalu disarankan untuk tidak terburu-buru dalam memilih perusahaan. Buat daftar beberapa opsi bagus dan pilih yang terbaik dari banyak yang sesuai dengan semua kebutuhan Anda.

Apa contoh PR?

Jika Anda memiliki jaringan hotel mewah dan berencana untuk menyelenggarakan acara di lokasi hotel, kampanye PR Anda akan melibatkan meminta semua rumah media terkemuka, jurnalis, dan pembuat konten digital untuk menghadiri acara terkait dan meliputnya di media masing-masing. platform untuk mendapatkan daya tarik yang dibutuhkan.

Apa yang dilakukan orang-orang PR?

Orang PR bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dari sebuah merek dengan publik internal atau eksternal. Mereka membuat dan menyebarkan pesan melalui berbagai platform media untuk menjaga citra positif suatu merek dengan audiens target.

Bagaimana saya bisa bekerja di PR?

Anda bisa bekerja di PR jika memiliki pengetahuan yang baik di bidang pemasaran. Memiliki gelar pendidikan di bidang PR, periklanan, dan bidang terkait lainnya merupakan keuntungan tambahan.

Namun, jika Anda tidak memiliki gelar pendidikan di bidang yang relevan, Anda dapat bekerja sebagai magang di perusahaan PR untuk mendapatkan pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk posisi senior.

Mana yang lebih baik – PR atau periklanan?

Ini tergantung pada tujuan pemasaran utama Anda. Jika tujuan Anda adalah untuk mendorong penjualan dan membuat lebih banyak orang membeli produk Anda dan memanfaatkan layanan Anda, iklan adalah pilihan yang lebih baik.

Namun, jika Anda ingin menyampaikan esensi merek Anda dan membuat lebih banyak orang menyadari bisnis Anda tanpa secara langsung meminta audiens Anda untuk terlibat dengan Anda, PR adalah pilihan yang lebih baik untuk dipilih.

Apa PR di media sosial?

Hubungan masyarakat (PR) di media sosial melibatkan pembuatan dan berbagi posting tentang produk / layanan yang disediakan oleh bisnis atau meliput cerita yang berkaitan dengan merek yang bersangkutan untuk mendapatkan peningkatan jangkauan dan daya tarik. Singkatnya, ini menggunakan platform media sosial untuk menyebarkan pesan promosi tentang suatu merek.

Ravinder Bharti

Blog Admin:
Ravinder Bharti
CEO & Founder - Public Media Solution

About: Ravinder Bharti is the Founder and CEO of Public Media Solution,
a leading marketing, PR, and branding company based in India.

Category

Recent Post