12 Pertanyaan Wawancara PR Teratas Untuk Ditanyakan

12 Pertanyaan Wawancara PR Teratas Untuk Ditanyakan

12 Pertanyaan Wawancara PR Teratas Untuk Ditanyakan

Proses PR cukup rumit dan penting untuk bisnis. Kapan pun Anda berencana menyewa firma PR untuk menangani PR untuk bisnis Anda, penting untuk membuat pilihan yang tepat.

Namun media digital membuat pencarian menjadi lebih mudah. Pencarian Google tunggal akan memberi Anda beberapa perusahaan PR yang mengklaim sebagai yang terbaik di industri. Merupakan tanggung jawab Anda untuk menemukan agensi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Proses yang paling umum untuk diikuti adalah memilih beberapa kandidat yang sangat baik dan secara pribadi mewawancarai masing-masing dari mereka untuk membuat keputusan akhir. Wawancara ini memainkan peran penting dalam pemilihan Anda karena mereka memberi Anda wawasan berharga tentang agensi PR yang akan Anda pekerjakan.

Pertanyaan Wawancara PR Untuk Ditanyakan

Pertanyaan yang Anda ajukan selama wawancara harus merupakan campuran pertanyaan teori PR dan pertanyaan tentang pengalaman kandidat.

Pertanyaan Wawancara PR Untuk Ditanyakan

Berikut adalah 12 pertanyaan wawancara PR paling penting dengan jawaban yang dapat Anda tanyakan kepada kandidat untuk menyaringnya dan memilih perusahaan tempat Anda ingin bekerja:

1. Menurut Anda, apa sih peran seorang PR professional?

Mengajukan pertanyaan ini akan membantu Anda memahami pengetahuan dan persepsi humas kandidat sebagai pekerjaan. Jawaban yang tepat adalah bahwa peran seorang profesional PR adalah untuk menciptakan dan memelihara citra persetujuan klien mereka di depan umum. Tugas mereka adalah memastikan bahwa semua tujuan dan tujuan bisnis yang bersangkutan tercapai dengan pembuatan dan penyebaran pesan promosi dengan cara terbaik.

2. Di sektor mana perusahaan PR dapat bekerja? Di sektor mana Anda bekerja sebelumnya?

Perusahaan PR dapat bekerja untuk semua sektor industri utama, termasuk:

  • Perusahaan periklanan
  • Lembaga pemerintah
  • Rumah media
  • Lembaga nirlaba
  • Perusahaan publik dan swasta

Menanyakan sektor tempat mereka bekerja membantu Anda mendapatkan gambaran tentang pengalaman kerja mereka dan bidang spesialisasi mereka. Jika mereka belum pernah bekerja di sektor tempat Anda bekerja, pastikan mereka mampu melakukannya dengan efisiensi.

3.Keterampilan apa yang Anda miliki yang menjadikan perusahaan Anda pilihan terbaik untuk perusahaan kami?

Mengajukan pertanyaan ini akan membantu Anda memahami seberapa sadar diri kandidat dan mengetahui keterampilan apa yang mereka miliki yang dapat Anda fokuskan saat merekrut mereka.

Keterampilan apa yang Anda miliki yang menjadikan perusahaan Anda pilihan terbaik untuk perusahaan kami?Keterampilan apa yang Anda miliki yang menjadikan perusahaan Anda pilihan terbaik untuk perusahaan kami?

Anda dapat mencari keterampilan berikut pada seorang profesional PR untuk meningkatkan peluang mereka dipekerjakan:

  • Kreativitas
  • Keterampilan komunikasi yang sangat baik
  • Kepribadian yang ramah
  • Nyaman dengan sering bepergian
  • Penilaian yang bagus
  • Keyakinan dalam melempar ide
  • Bekerja sesuai jadwal
  • Mampu menangani stres kerja

4. Apa perbedaan antara Periklanan dan Hubungan Masyarakat?

Tujuan utama periklanan adalah untuk mendorong penjualan dengan langsung meminta prospek untuk terlibat dengan bisnis Anda dan membeli produk / layanan Anda. Di sini, ada pengiklan terkenal yang membayar sejumlah tertentu untuk membeli ruang / waktu media untuk menyiarkan pesan promosi.

Di sisi lain, ruang lingkup PR lebih luas dari pada periklanan. Di sini, tidak ada pengiklan yang dapat diidentifikasi dengan jelas yang membayar untuk pesan yang disiarkan. Mereka diedarkan oleh pihak ketiga (rumah media, jurnalis, dll.) Di platform medianya tanpa campur tangan langsung oleh perusahaan.

5. Bagaimana Anda akan menggunakan media sosial untuk hubungan masyarakat?

Media sosial memainkan peran kunci dalam PR karena dikonsumsi secara luas oleh jutaan orang setiap hari. Hampir wajib bagi kandidat Anda untuk menguasai semua platform media sosial utama dan menggunakan yang sama untuk menyebarkan pesan Anda ke publik. Selalu pastikan bahwa kandidat Anda menggunakan platform media sosial yang seimbang sesuai dengan audiens yang Anda targetkan.

6. Seperti apa siaran pers digital itu?

Karena peningkatan penggunaan platform digital untuk tujuan PR, siaran pers digital menggantikan siaran pers tradisional. Oleh karena itu, perusahaan humas yang Anda sewa perlu mengetahui fitur, komposisi, dan penggunaan siaran pers tersebut.

Siaran pers digital berisi fitur-fitur utama berikut:

  • Lebih pendek (maksimal dua halaman)
  • Ini termasuk multi-media
  • Ini termasuk tautan ke situs web
  • Ini termasuk penggunaan kata kunci untuk tujuan SEO
  • Netral tanpa bias terhadap perusahaan yang dipromosikan

7. Apa tantangan yang ingin Anda atasi?

Pemecahan masalah merupakan elemen penting dalam PR. Perusahaan PR yang Anda rekrut harus dapat memahami tantangan khusus yang dihadapi oleh bisnis / entitas publik tertentu dan merancang kampanye PR untuk mengatasinya.

Apa tantangan yang ingin Anda atasi

Berikut adalah beberapa tantangan utama yang dapat diselesaikan dengan PR yang efektif:

  • Miskomunikasi
  • Komunikasi berlebihan
  • Reputasi buruk
  • Kurangnya visibilitas merek
  • Kurangnya kepercayaan internal
  • Citra merek yang buruk

Baca Juga: –Panduan Utama Bagaimana PR Dapat Membantu Memasarkan Bisnis Baru Anda

8.Apa itu surat nada?

Ini adalah salah satu dasar PR dan dapat digunakan dalam bentuk pertanyaan saringan. Ini adalah surat yang dilampirkan dengan siaran pers, yang ditujukan langsung kepada wartawan yang bersangkutan. Sementara siaran pers ditulis dengan orang ketiga, surat pitch ditulis sebagai orang kedua karena merupakan alamat langsung.

Surat nada harus benar-benar menarik, terutama di awal. Jurnalis menerima beberapa surat seperti itu setiap hari dan penting agar surat Anda menonjol dengan judul yang menarik perhatian.

9. Apa keuntungan menyewa firma humas eksternal daripada PR internal?

Keuntungan utama dari menyewa perusahaan PR eksternal daripada menggunakan PR internal adalah objektivitas yang dibawa oleh perusahaan eksternal. Para profesional PR internal dalam sebuah organisasi mungkin tidak kritis tentang aspek-aspek penting tertentu dan memiliki bias terhadap perusahaan yang tidak pernah sehat untuk melanjutkan hubungan masyarakat.

10. Bagaimana Anda menangani krisis yang mungkin mengancam reputasi klien Anda?

Manajemen reputasi dan mitigasi krisis merupakan elemen penting dari Humas. Penting untuk memahami bagaimana kandidat Anda akan membantu Anda keluar dari krisis dengan membantu Anda memenangkan kepercayaan publik. Saat mengajukan pertanyaan ini, Anda dapat memberi mereka masalah praktis untuk dipecahkan untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang pendekatan mereka.

11. Rumah media dan jurnalis mana yang akan Anda dekati untuk menyebarkan pesan tertentu?

Setiap rumah media dan jurnalis memiliki spesialisasi masing-masing dan dibutuhkan perusahaan PR yang cerdas untuk mendekati perusahaan yang tepat untuk menyampaikan pesan yang tepat. Berikan contoh yang berbeda kepada kandidat Anda dan tanyakan mengapa mereka memilih jurnalis tertentu untuk menyebarkan pesan yang berbeda.

12. Apa yang membuat perusahaan Anda unik?

Meskipun ini pertanyaan klise, penting untuk mengetahui kegunaan tambahan apa yang disediakan oleh kandidat Anda untuk menyampaikan pesan Anda ke publik dengan cara yang efektif. Ini dapat bertindak sebagai keuntungan tambahan dalam mempekerjakan kandidat yang bersangkutan.

Ini adalah sebagian besar pertanyaan penting yang dapat Anda tanyakan kepada kandidat Anda sebelum mempekerjakan kandidat terbaik untuk menangani PR Anda. Berdasarkan kebutuhan spesifik Anda, Anda selalu dapat menambahkan pertanyaan yang lebih spesifik untuk memahaminya dengan lebih baik.

Ravinder Bharti

Blog Admin:
Ravinder Bharti
CEO & Founder - Public Media Solution

About: Ravinder Bharti is the Founder and CEO of Public Media Solution,
a leading marketing, PR, and branding company based in India.

Category

Recent Post